Senin, 03 Mei 2010

Sawarna


Jumat , 30 April 2010

Kali ini saya pergi dengan dua orang teman saya yang putra batak. Kunjungan kali ini adalah Pantai Sawarna di daerah Banten Selatan. Ketika pertama kali saya mencetuskan ide ke Pantai Sawarna karena lokasinya yang dekat dan masih belum terlalu ramai, teman saya malah bingung karena belum pernah mendengar  sebelumnya, padahal dia kuliah di jurusan Pariwisata. Kemudian saya tanyakan ke teman-teman saya yang lain, dan memang belum pernah ada yang dengar Sawarna, waduuh…sepertinya ada yang salah dengan promosi daerah ini. Saya pun baru mendengarnya dari teman chating saya awal tahun ini, kemudian browsing-browsing di internet dan dapet info-info mengenai rute-rute dan penginapannya.


07.15 WIB
Kami berangkat pagi-pagi dari Depok menuju Bogor dengan menggunakan KRL  Ekonomi, beruntung kereta yang ke arah  Bogor yang berangkat pagi tidak telalu ramai.

07.50 WIB
Tiba di stasiun Bogor, kami pun langsung menuju ke terminal Baranangsiang menggunakan angkot 03 jurusan Bubulak-Barangsiang, untuk kemudian melanjutkan tujuan dengan menggunakan Bus ke arah Pelabuhan Ratu.

08.30 WIB
Bus MGI jurusan Bogor-Pelabuhan Ratu yang kami tumpangi berangkat dari terminal Baranangsiang Bogor. Estimasi kami lama perjalanan sekitar 4 jam dengan kondisi jalannya rusak dan berbelok-belok.
Di depan bus sudah tertulis “DILARANG MUNTAH SAMPAI TUJUAN”, tapi tetap saja ada yang muntah. Muka sopirnya yang ceria dan sesekali tertawa membuat kami tenang walaupun sepanjang perjalanan pinggir kami adalah jurang.

12.00 WIB
Sampai juga kami di Terminal Pelabuhan Ratu, seperti biasa kami langsung di sambut kenek-kenek angkutan yang menanyakan tujuan kami. Cari saja kenek yang menawarkan ke Sawarna karena cuma ada satu. Setelah ketemu, kali ini gantian kami yang tanya-tanya ke dia dari ongkos ke Sawarna sampai penginapan. Dan jawaban yang kami dapat tidak berbeda dari info yang kami dapat dari internet. Mmm..berarti kami memang tidak di mahalin.

12.30 WIB
Elf tujuan Sawarna mulai berangkat keluar terminal, kami pun bergegas naik. Pikir kami Elf ini akan langsung berangkat ke Sawarna ternyata cuma pindah ngetem ke luar terminal. Bosan menunggu kami pun pergi ke toko yang menjual topi jerami, topi jerami di jual seharga Rp 5.000. pukul 13.00 WIB elf baru benar-benar berangkat.

15.00 WIB
Akhirnya kami tiba di Desa Sawarna,  sama sekali tidak ada papan yang menunjukan “Selamat Datang di Sawarna” beberapa orang pemuda langsung menawarkan kami mencari penginapan, kami di antarkan ke homestay Sawarna Beach dengan tarif per-orangnya Rp 85.000 sudah termasuk makan 3x.

Setelah menaruh barang-barang di penginapan, kami pun langsung menuju pantai Ciantir. Pantai Ciantir adalah pantai yang paling dekat dengan penginapan kami, pantainya masih bersih dan pasirnya pun putih. Selanjutnya tidak jauh dari pantai Ciantir ada Tanjung Layar, yaitu dua buah karang besar yang menyerupai layar kapal. Dari pantai Ciantir ke Tanjung Layar bisa dengan cara menyusuri pantai atau lewat sawah-sawah. Pantai Ciantir dan Tanjung Layar adalah lokasi yang paling cocok untuk melihat Sunsets.
Apabila ingin melihat sunrise bisa di lakukan di pantai Lagoon Pari. Karena jaraknya yang lumayan jauh pesan saja ojek untuk menjemput kita jam 5 pagi di penginapan, tarifnya sekitar Rp 15.000 - 20.000. kemudian apabila ingin diantar masuk ke goa lalay dan goa ikan minta ditemanin aja sama penduduk sekitar, bayarannya terserah kita karena mereka tidak pernah menetapkan tarif.

Rincian Budget kami :
Depok-Bogor
- KRL Ekonomi Rp 2.000
Stasiun Bogor-Terminal Baranangsiang
- angkot 03 jurusan bubulak-baranangsiang Rp 3.000
Bogor - PELABUHAN RATU
- BUS (MGI non Ac Rp 20.000 , Ac Rp25.000) ----> 4 Jam
Pelabuhan Ratu - Sawarna
- Elf Hitam Rp 25.000 (Hanya ada 1 kali sehari, ngetem 09.00-12.00)
Penginapan 1 hari di Sawarna Beach Homestay
- Rp 85.000 per orang dan per malam termasuk makan 3 kali, kamar bebas
Total 3 hari 2 malam di Sawarna :
Ongkos PP Depok –Sawarna       = Rp 110.000
Penginapan 1 malam                      = Rp    85.000
Malam ke dua kita buka tenda  dan makan bawa sendiri

Catatan : Elf hitam dari Sawarna-Pelabuhan Ratu berangkat jam 06.30 WIB dari Sawarna. Kalau ketinggalan, harus naik ojek ke Bayah dulu Rp 25.000 kemudian naik Elf kuning ke Pelabuhan Ratu Rp 25.000

 kamar di Sawarna Beach Homestay
CP : 087772892011 (kang Ace)

foto-foto :










13 komentar:

  1. makasih bgt infonya!
    sangat lengkap dgn info budget

    BalasHapus
  2. maaF mau Tanya kaLo jalan untuk mobil pribadi ada gak yah????

    BalasHapus
  3. thx bwt infonya yg lengkap dg budget...:)

    BalasHapus
  4. Makasih infonya, doakan saya yah, Insya Allah hari jumat ini saya berangkat ke sawarna :)

    BalasHapus
  5. kalo pakai kendaraan sendiri/mobil pribadi bisa ndak ya?

    BalasHapus
  6. Coba jalan ke ranca buaya.. pantai selatan di Garut... lumayan keren.. bisa dari Pengalengan ato Garut rute nya

    BalasHapus
  7. kalo moment yg tepat utk ke sawarna bulan apa ja yach,,,??? biar bsa liat sunset n air laut ga pasang...

    BalasHapus
  8. bisa kok pake kendaraan pribadi, ke sawarna yg kedua kalinya kemaren saya pake kendaraan pribadi via pelabuhan ratu. untuk moment air laut pas gak pasang, sekitar bulan april kali ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. mas mau tanya untuk elf ke sawarna ada setiap saat atau jam-jam tertentu ya? berencana kesana maret ini tp msh buta lapangan . makasihhh

      Hapus
    2. info rute nya masbro kalo naik motor/mobil pribadi.
      patokan pelabuhan ratu ya.
      thanks...

      Hapus
  9. tgl 6 april kemarin kita ke Sawarna..
    Tapi cuaca g bagus jadi airnya pasang..

    BalasHapus